Posted by : Unknown Saturday, February 14, 2015

past-future

Tak dapat dipungkiri kalau sekarang ini teknologi benar-benar akan menggantikan peran alat-alat yang sebelumnya yang pernah ada. Karena teknologi memberikan kenyamanan, keamanan, dan juga kemudahan bagi para pemakainya. Tak heran perilaku manusia pun juga berubah tidak seperti dulu lagi. Ngomong-ngomong soal berbagai perubahan manusia dikarenakan kemajuan teknologi, berikut ini merupakan beberapa perilaku manusia saat ini yang berbeda dengan sebelum berkembang pesatnya teknologi dalam kehidupan.

1. Berbagai Alat yang Kita Gunakan Sehari-hari Dulu, Kini Telah Tergantikan Oleh Gadget

Dari  9gag.com

Jika dulu, untuk bangun tepat waktu kita gunakan alarm yang ada di jam weker kita, sekarang semua smartphone & gadget juga menyediakan fitur alarm. Kalender, Jam, Kalkulator, dan Radio pun tersedia pula di gadget. Tentu banyak orang yang lebih memilih menggunakan gadget yang praktis dan All-in-One jika dibanding alat-alat tersebut yang lebih banyak makan tempat. Kemudian, dimasa depan apa lagi ?

2. Mendengarkan Musik


musik

Kalau kamu tau cara bagaimana rewind kaset dengan pensil berarti kamu termasuk orang yang beruntug karena pernah mengalami masa indah 90'an. Dulu, untuk memutar musik yang diinginkan, kamu harus pergi ke toko kaset / cd terdekat untuk membelinya kemudian putar dengan walkman atau tape kamu. Tidak seperti sekarang, mau dengerin lagu tinggal buka internet, streaming lagu yang ingin kamu dengarkan via YouTube, SoundCloud, dll. Hal buruknya, sekarang banyak lagu-lagu bajakan tersebar di berbagai situs di internet.

3. Mencari Alamat

peta


Dulu, kalau kita mau cari alamat orang itu tidak segampang seperti sekarang ini. Kalu mau tahu seperti apa susahnya cari alamat, coba aja dengerin lagunya Ayu Tingting. Lain halnya dengan sekarang, mencari alamat semakin dimudahkan dengan peta yang dilengkapi GPS (Global Positioning System) yang ada pada kebanyakan smartphone saat ini. Jelas lebih mudah.

4. Bertamu / Berkunjung

berkunjung


Ini yang paling saya anggap menyebalkan saat ini. Entah kenapa menurut saya ini sangat tidak sopan. Dulu ketika gadget belum mendominasi kehidupan manusia seperti sekarang ini. Ketika bertamu kita mengetuk pintu, atau memencet bel, dan mengucap salam. Kemudian orang yang kita kunjungi akan keluar, membukakan pintu, dan mempersilahkan masuk. Namun sekarang kita lebih senang mengirim pesan instant kepada orang yang hendak kita kunjungi. Contoh: Amir: Gue udah di depan rumah lu. Keluar !!! Ari: Oke bro.

5. Respon Terhadap Sesuatu

Dari 9gag.com


Kalau dulu, banyak respon yang sering kita ungkapkan untuk suatu peristiwa. Misalnya suatu peristiwa yang mengagumkan, maka kita akan bilang itu "keren". Sekarang, ketika suatu peristiwa diunggah ke situs jejaring sosial, Facebook misalnya. Tidak peduli apapun itu, akan ada lebih banyak "like" daripada komentar yang berdatangan ke peristiwa yang kita unggah. Bukankah konyol ketika suatu peristiwa menyedihkan disukai oleh teman sendiri ? Namun sekarang "like" sudah beda arti. Sekarang "like" lebih dianggap suatu prestasi ketenaran suatu peristiwa (status).

6. Mencari Hal-hal Yang Belum Diketahui

search-engine


Kalau dulu, untuk mencari hal-hal yang belum kita ketahui, berpikir, melakukan survey, atau pergi ke perpustakaan untuk membaca. Sangat berbeda dengan saat ini, kebanyakan orang lebih suka bermanja mencari informasi di search engine daripada mencari informasi secara real dan mengembangkan dengan pola pikirnya sendiri. Sebenarnya bukan suatu kesalahan mencari informasi di mesin pencari, hanya saja kamu harus tetap mengembangkan informasi yang kamu peroleh dan jangan manja untuk dapat informasi yang kamu perlukan secara utuh. Dan jangan melakukan plagiasi terhadap karya orang.

  7. Mengirimkan Undangan

Dari 9gag.com


Dulu, menulis undangan adalah hal yang sangat membosankan karena menulis berulang-ulang. Berbeda dengan undangan dengan pesan instan atau undngan di sosial media saat ini, kita bisa tulis undangan sekali, kemudian sisanya tinggal forward ke penerima yang lain.

8. Menulis Catatan

pena-buku


Dulu, orang membawa buku dan pena kemana-mana untuk mencatat banyak hal, termasuk agenda, catatan, dan curahan hati. Sekarang orang bisa melakukannya dengan smartphone, tablet, maupun laptop mereka. Apakah buku dan pena akan tergantikan oleh gadget juga ? Itulah beberapa perbedaan dulu dengan sekarang yang sangat kentara saat ini. Dengan mengetahui hal tersebut seharusnya kita sebagai manusia yang hidup di zaman sekarang bisa memanfaatkan teknologi dengan sebijaksana mungkin. Rewrite from: Kaskus

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -