Posted by : Unknown Wednesday, February 25, 2015

ayam


Mengapa burung bisa terbang ? Karena punya sayap. Lalu mengapa ayam punya sayap namun tidak bisa terbang. Kenapa ya ? Alasan mengapa ayam tidak bisa terbang tentu bukan seperti dalam dongeng yang sering diceritakan pada saat kita kecil. Dalam dongeng tersebut diceritakan bahwa ayam menggunakan jarum emas untuk menjahit sayapnya, namun karena terburu-buru dikejar elang, maka ayam tidak selesai menjahit sayapnya dan jarum emas tersebut hilang. Kurang lebih begitu dalam dongen yang sering diceritakan orangtua ataupun guru TK kita. Biarlah semua menjadi kenangan.

Namun tahukah Anda sebenarnya mengapa ayam tidak bisa terbang, tepatnya tidak bisa terbang dengan baik, karena sesekali ayam juga dapat terbang meskipun tidak sempurna.

Ayam


Ternyata penyebabnya adalah karena tubuh ayam lebih besar daripada sayapnya, dengan begitu ayam tidak akan bisa terbang dengan baik meskipun dengan otot yang kuat. Struktur sayap ayam tidak sebanding dengan ukuran tubuhnya. Bisa dibilang ukuran sayap dan berat badannya tidak seimbang. Berbeda dengan burung, burung memiliki struktur bulu sayap yang rapat dan kuat, ditambah ukuran tubuhnya yang kecil, membuat burung dengan mudah mengangkat tubuhnya dengan kepakan sayap. Namun perlu diketahui, ada pula burung yang sayapnya juga lebih kecil dari badannya seperti ayam namun tetap dapat terbang dengan baik. Yaitu burung kolibri. Bedanya dengan ayam, burung ini mampu mengepakkan sayapnya sebanyak 12 hingga 18 kali per detiknya, sehingga membuat tubuhnya terbang. Hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh ayam, struktur bulu pada sayap ayam tidak serapat dan sekuat pada bulung kolibri tersebut. Jadi apabila ayam mampu mengepakkan sayapnya secepat burung kolibri, kemungkinan bulu sayapnya akan rontok semua. hehe

Sumber: Iptekini

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Numpang komentar ya gan,
    Saya ingin memberitahukan informasi mengenai tentang Ayam-ayaman.
    Bagi para Botoh pemula yang ingin belajar cara ternak ayam, merawat ayam, menjadi ayam lebih kuat.

    Anda Bisa Mengunjungi Artikel Sabung Ayam Dipersembahkan Oleh Tajen Online
    https://bit.ly/2mjb0gG

    Cara Meningkatkan Nafsu Kawin Ayam Jago
    https://bit.ly/2mAqL3b

    Bonus 8x Win S128 SV388 Tajen Online
    https://bit.ly/31WQYt1

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    ReplyDelete

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -