Posted by : Unknown Friday, February 20, 2015

gadget


Saat ini, smartphone, tablet, dan gadget lainnya memang telah menjadi sesuatu yang selalu kita gunakan sehari-hari dan kita risih jika sehari saja tak memegang gadget. Bener kan ? Iya bener buat yang punya gadget. Yang gak punya ? Iptekini tidak menganjurkan bagi yang belum punya untuk beli gadget baru, tapi Iptekini hanya menyarankan beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat hendak membeli sebuah gadget baru, karena tentunya kamu pasti tidak mau menyesal dengan gadget yang sudah kamu beli. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli gadget versi Iptekini:

1. Buat apa Kamu Beli Gadget ?

Gadget for Works


Hal paling penting yang harus dipertimbangkan yaitu manfaat dari gadget yang hendak kamu beli. Kalau kamu tidak punya alasan yang penting untuk beli gadget dan kamu beli gadget hanya untuk ikut-ikutan agar terlihat gaul, lebih baik kamu urungkan dulu niatmu untuk beli gadget. Karena, setidaknya sesuatu yang kamu beli bisa menunjang kegiatan sehari-harimu. Bermanfaat untuk kegiatanmu bekerja atau belajarmu.

2. Berapa Budget Untuk Gadget yang Kamu Inginkan ?

Budget

Setelah kamu punya tujuan jelas untuk apa kamu beli sebuah gadget, yang perlu kamu pertimbangkan selanjutnya yaitu berapa dana yang ada di kantong. Ada dua opsi ketika menghadapi masalah budget, opsi pertama kamu beli gadget yang sesuai dana yang ada. Opsi kedua, bersabarlah sedikit dan tambahi tabungan kamu untuk gadget yang mempunyai spesifikasi yang benar-benar kamu inginkan.

  4. Spesifikasi Seperti apa yang Kamu Inginkan ?

Contoh Spesifikasi


Contoh Spesifikasi[/caption] Spesifikasi dan dana memang sepertinya menjadi dua hal yang berlawanan, ketika spesifikasi semakin bagus, tentu saja dana yang dikeluarkan juga akan semakin banyak. Spesifikasi yang paling peting yang butuh pertimbangan yang matang menurut Iptekini adalah (diurutkan dari yang paling penting):
  • Prosesor
Prosesor adalah bagian yang sangat penting dalam perangkat apapun termasuk gadget, karena komponen ini merupakan “otak” dari suatu perangkat.
  • Memory
Memory atau RAM juga sangat penting, karena kinerjanya berdampingan dengan prosesor. Memory berfungsi menampung semua proses dan data yang sedang berjalan pada suatu perangkat.
  • Kapasitas Penyimpanan
Besarnya kapasitas penyimpanan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kamu, jika kamu sangat menyukai multimedia, sebaiknya pilih smartphone / tablet yang punya kapasitas penyimpanan yang besar, atau yang mempunyai slot ekspansi yang mendukung kapasitas external storage yang besar.
  • Kapasitas Batere
Kenapa harus pusing memikirkan kapasitas batere, sekarang kan banyak powerbank ? Memang benar sekarang banyak powerbank yang dapat kamu gunakan everytime, everywhere. Tapi menurut Iptekini, lebih baik pilih gadget dengan kapasitas batere yang besar. Dan belajarlah menghargai batere kamu, berhematlah, ketika kamu menghemat batere-mu, umur batere kamu juga akan lebih panjang jika dibanding dengan kamu menggunakannya secara berlebihan dan sia-sia.
  • Resolusi Layar
Semakin tinggi resolusi layar suatu smartphone / gadget, semakin halus pula layar tersebut dimata kamu. Perhatikan resolusi dan juga pixel per inch (ppi) layar.
  • Lain-lain
Spesifikasi lain seperti halnya kamera, body, style, dll menurut Iptekini merupakan komponen yang juga penting namun tidak terlalu dipermasalahkan. Hanya saja untuk kamu yang memang menginginkan gadget untuk hobi foto-mu. Pilihlah gadget dengan kamera yang baik.

4. Sistem Operasi

Mobile OS


Setelah spesifikasi OK, Operating System atau Sistem Operasi juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena OS merupakan hal yang kamu utak-atik untuk mengoperasikan gadgetmu. OS adalah antarmuka yang menjembatani kamu dengan fungsi-fungsi di gadget yang kamu punya. Ada 4 Mobile OS yang saat ini paling populer dan paling banyak diminati oleh pengguna, 4 OS tersebut yaitu Android, iOS, BlackBerry OS, dan juga Windows Phone. Iptekini sendiri menggunakan Windows Phone.

5. Lain-lain

Review


Mungkin ini adalah hal yang sedikit tidak penting, namun cukup masuk akal, kamu bisa abaikan ini jika memang ini tidak penting. Sebaiknya jangan membeli gadget keluaran terbaru, karena apa ? Belum banyak yang mencoba dan memberikan review tentang produk terbaru. Jadi lebih baik membeli gadget yang telah mendapat review yang baik dari para user-nya. Itulah 5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli gadget. Semoga dapat menunjang kegiatan kamu dan juga tulisan ini dapat menambah wawasan kita semua.


Source: Iptekini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -