Posted by : Unknown Thursday, February 12, 2015

online-shop

Saat ini banyak sekali berbagai bentuk transaksi jual beli menggunakan media internet sebagaik sarana penjualannya maupun sekedar promosinya. Jika dulu seseorang hendak membeli sebuah pakain atau barang lainnya yang mereka butuhkan harus pergi ke toko, mall, atau pasar terlebih dahulu untuk memenuhi keinginannya, maka sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Berbagai situs toko online milik berbagai perusahaan telah menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat saat ini. Barang yang tersedia pun juga sangat lengkap, mulai dari pakaian, furniture, gadget, bahkan jasa pun bisa di online-kan. Contohnya saja seperti Amazon, Lazada, Bhineka, dan banyak toko online lagi lainnya. Pernah lihat iklan Lazada di televisi Anda ? Seperti itulah kurang lebih gambaran dari sistem saat ini.
Kemudian situs-situs sejenis OLX, Berniaga, Jualo, Kaskus FJB, untuk situs-situs tersebut berbeda lagi sistemnya. Situs-situs tersebut bukan merupakan toko online, melainkan seperti pasar yang siapa saja bisa mengiklankan barangnya disana. Dan kemudian pembeli dan penjual melakukan pembayaran langsung (COD) atau melalui rekber (rekening bersama). Jadi, beda antara keduanya adalah, apabila sistem toko online, pemilik toko online sendiri yang menyediakan barang-barang jualannya. Sedangkan sistem di OLX, dan kawan-kawannya, pemilik situs menyediakan tempat untuk penjual memasarkan produknya agar dilihat calon pembeli. Kedua sistem diatas mungkin merupakan sistem yang paling populer dan paling mudah untuk dijalankan saat ini. Orang-orang sekarang sangat banyak yang berpindah ke online bukan hanya karena kemudahannya, namun juga banyak kelebihan dan keuntungan yang akan didapat jika suatu produk di pasarkan atau dipromosikan online. Berikut ini keuntungan nyata yang bisa diperoleh dari sistem online yang tersedia saat ini. 1. Mudah Bertransaksi online mungkin akan terasa sulit dan membingungkan awalnya, bahkan banyak orang berpikir bahwa sistem konvensional lebih mudah. Namun setelah terbiasa, orang akan sangat ketagihan dengannya. Begitu mudahnya sistem online ini untuk digunakan bahkan seseorang tidak perlu memerlukan keahlian khusus untuk bisa melakukannya. Sederhananya seperti ini:
Sistem Online 
Namun jangan anggap hanya seperti itu, Anda harus pintar-pintar membuat bagaimana produk Anda laris.

2. Hemat
hemat

Berbicara soal hemat, kelebihan ini nampaknya lebih dirasakan oleh pembeli apabila dibandingkan dengan penjual. Bagi penjual mungkin memang sedikit menekan pengeluaran terutama di bagian "promosi". Namun pembeli akan sangat merasakan hematnya menggunakan sistem online karena mereka tidak perlu mengunjungi toko dimana barang yang mereka cari berada, jelas ini menjadi lebih hemat waktu dan pengeluaran untuk transportasi. Terutama bagi mereka yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu luang dalam kesehariannya. 3. Efektif Saat ini, internet merupakan media yang paling banyak diakses oleh banyak orang. Dan juga sangat mudah untuk diakses karena saat ini orang-orang juga telah banyak menggunakan smartphone yang tentunnya dapat digunakan untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Jadi bayangkan saja jika suatu survey mengatakan bahwa di Indonesia saja ada sekitar 41 juta orang yang menggunakan smartphone dan jumlah tersebut masih akan meningkat seiring berkembangnya zaman, berapa banyak orang yang akan melihat dan bahkan tertarik produk Anda di internet apabila Anda memasarkan ataupun mempromosikannya melalui online. Jelas lebih efektif dibanding Anda mengiklankannya melalui media-media lainnya semisal televisi. Mengiklankan suatu produk di televisi memerlukan biaya yang sangat mahal per tampilnya. Meskipun efektif dari segi sasaran, namun sepertinya kurang efisien dari segi pengeluaran. Keuntungan dan kelebihan tersebut hanya mencakup dari sekian banyak keuntungan dari bisnis secara online. Masih banyak keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan meng-online-kan usaha Anda. Jadi, apakah Anda ingin mempertahankan sistem lama Anda, atau beralih ke online dan melebarkan usaha Anda ? Tentukan mulai saat ini.

Sumber: Iptekini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -