Posted by : Unknown Monday, February 16, 2015

website

Mungkin anak-anak jaman sekarang apabila ditanya mengenai website-website di internet, yang mereka tahu adalah Facebook, Twitter, Path, BBM, dll. Namun dulu sebelum adanya social media lainnya, dan pada saat gadget belum begitu tenar seperti saat ini, ternyata website-website ini juga punya cerita ketenarannya sendiri. Meskipun beberapa sudah tidak eksis lagi, namun mungkin para pengaksesnya tidak akan pernah lupa dengan kepopuleran beberapa website ini. Dan berikut ini website-website fenomenal yang melegenda karena kepopulerannya.

1. Friendster

Friendster


Tepat sebelum kepopuleran Facebook yang terus bertahan hingga saat ini, Friendster dahulunya juga merupakan situs jejaring sosial yang sangat banyak digunakan dikalangan anak muda. Berbagai fitur tersedia di Freiendster, namun hal tersebut tidak membuatnya bertahan hingga sekarang. Sekarang Friendster bukan merupakan situs jejaring sosial lagi, namun telah berganti menjadi situs portal game, meskipun telah berganti menjadi situs portal game, namun ada satu hal yang masih tersisa dan mengingatkan pada kepopulerannya dulu, yaitu logo faviconnya masih emoticon "smile" seperti dulu. Barang kali kamu ingin menengoknya, ini link menuju ke Friendster.

2. AOL
aol

Di tahun 90-an, mungkin di dunia internet AOL-lah yang menjadi rajanya. Layanan yang diberikan AOL seperti AOL Instant Messenger (AIM), Web browses Netscape, media player Winamp AOL. Namun dengan ketatnya persaingan oleh berbagai kompetitor, sekarang nampaknya popularitas AOL mulai kendur. Banyak yang berkata bahwa kendurnya popularitas AOL, disebabkan oleh kesalahan mereka yang merger dengan Time warner pada 2001 yang justru lama-kelamaan malah menenggelamkannya. Saat ini AOL telah berevolusi menjadi media  advertising milik The Huffington Post.

3. My Space

My Space


Pada 2003, My Space mulai dikenal sebagai salahsatu social networking yang terkenal, dan pada 2006 Myspace dibeli newsCorp seharga $580 juta dan memperoleh 100juta pengguna. Pada tahun 2007, My Space menjadi perusahaan social networking paling berharga dengan taksiran mencapai $12 Milliar. Pada saat Facebook muncul, My Space juga terkena dampaknya, dan kini My Space telah dimiliki oleh Justin Timberlake yang kemudian memperkenalkan MySpace TV yang memperoleh satu juta pengikut baru pada bulan Februari 2012.

  4. SixDegrees

SixDegrees


Sixdegrees merupakan website yang dikenal sebagi pioneer layanan social media pada masa itu. Namun akhirnya Sixdegrees tutup pada tahun 2001.

  5. SecondLife

SecondLife


SecondLife mungkin bisa dibilang sangat menarik pada masa itu, di SecondLife pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain, bertransaksi jual beli virtual property, bekerja, ganti avatar, dan lainnya. Di SecondLife pengguna seperti berada didunia paralel yang virtual, sesuai dengan Tajuknya yaitu SecondLife yang dalam bahasa Indonesia berarti Kehidupan Kedua. Pada 2011 tercatat ada satu juta pengguna aktif menggunakan layanan ini. Hingga saat ini SecondLife masih dapat dibuka di secondlife.com

6. Orkut

Orkut


Orkut dulunya juga merupakan media sosial yang dibuat oleh Google pada tahun 2004. Menjadi service paling populer di India, Estonia dan Brasil ampai 2010. Namun pada akhirnya Orkut juga kalah dengan kepopuleran Facebook, meski demikian, di Brazil, Orkut masih banyak digunakan, tercatat penggunanya mencapai 66 juta.

7. GeoCities

GeoCities


GeoCities dulunya adalah perusahaan web hosting, dengan space sekitar 10 Mb pada masa itu untuk hosting website dengan basis HTML. Kemudian Dibeli Yahoo seharga $3 Milliar, namun karena kemudian banyak kompetitor dengan layanan yang lebih komplit dan memuaskan pengguna, akhirnya pada 2009 GeoCities ditutup.

8. miRC

mirc


 miRC dahulunya juga merupakan layanan instant messenger yang sangat terkenal pada masanya. Sekarang miRC juga masih dapat dinikmati, namun kepopulerannya sudah tak seperti dulu lagi karena kalah dengan instant messenger lain. Website miRC apabila Anda ingin melihatnya mirc.com. Itulah beberapa website yang pernah sangat terkenal pada masanya dan mungkin kini juga masih dikenang oleh banyak penggunanya.

Sumber: Iptekini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -