Posted by : Unknown Sunday, February 15, 2015

uang

Di jaman yang serba praktis ini sebenarnya penghasilan bisa kita dapatkan dari manapun, termasuk dari internet. Banyak orang yang telah menjalaninya sering berkata bahwa mencari uang dari internet itu enak, tinggal duduk rejeki ngalir. Tapi tidak begitu, mungkin orang yang berkata seperti itu adalah orang yang benar-benar sudah sukses berpenghasilan dari internet. Menurut saya pribadi, memang benar mencari penghasilan dari internet itu memang duduk di depan monitor, tapi duduk itu berpikir, berimajinasi, dan berkreasi. Dan menurut saya, hal ini tidak bisa dijadikan sumber penghasilan pokok Anda. Cara-cara seperti ini saya anjurkan hanya untuk sampingan. Terutama bagi anak-anak sekolah atau mahasiswa. Mungkin saat ini banyak artikel yang ditulis di website-website tentang bagaimana menghasilkan uang melalui internet, namun biasanya kita akan disuguhkan kepada halaman yang isinya kita dianjurkan untuk membeli e-book tentang cara-cara bagaimana menghasilkan uang melalui internet. Karena kita harus membayar untuk e-book tersebut, mungkin e-book tersebut memang menyediakan materi yang bagus bagi kita. Biasanya dalam e-book tersebut membahas satu cara yang paling ampuh untuk menghasilkan uang dari internet, biasanya tentang permainan pasar saham. Namun karena sebenarnya ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari internet, saya akan berbagi cara-cara yang pernah saya ketahui.

1. AdSense

Adsense menjadi cara paling terpopuler saat ini untuk mengeruk banyak penghasilan melalui internet karena sistemnya yang sangat sederhana dan bahkan bisa dilakukan siapa saja. AdSense merupakan sistem periklanan berbasis Pay Per Click (PPC). Banyak sekali layanan yang menyediakan layanan AdSense, yang paling populer adalah Adsense dari Google, kemudian juga ada penyedia layanan AdSense lokal, seperti KlikSaya, AdSensCamp, dan banyak lainnya. Apa itu PPC dan bagaimana cara kerjanya ? PPC adalah sebuah metode periklanan dimana pemilik produk bekerjasama dengan penyedia layanan AdSense untuk mengiklankan produk yang telah disetujui. Kemudian, disini peran kita adalah sebagai publisher, yaitu orang yang menampilkan iklan suatu produk. Dengan apa ? Yang saya ketahui ada 2 cara untuk menampilkan iklan AdSense, pertama, jika AdSense dari Google, kita bisa tampilkan melalui video di YouTube dengan cara memonetisasi video yang kita punya di YouTube. Kedua, cara yang paling umum digunakan dari dulu hingga sekarang, yaitu dengan Blog. Bagimana caranya ? Simpelnya, kita daftarkan blog yang kita miliki ke suatu layanan penyedia AdSense, kemudian setelah diterima, kita masukkan kode iklan ke blog kita, letakkan di tempat yang strategis agar membuat orang tertarik. Tidak hanya sampai iklan tampil. Setelah iklan tersebut tampil, untuk mendapatkan pemasukan iklan tersebut harus di-klik oleh pengunjung. Jadi apabila pengunjung blog banyak, maka akan banyak pula pemasukan yang kita dapatkan. Namun perlu diketahui bahwa jika Anda mendaftar ke AdSense yang disediakan oleh Google, hal tersebut tidak akan mudah. Google menimbang-nimbang konten di blog kita, kemudian setelah semuanya OK, barulah Google meng-approve akun yang kita buat. Kemudian peraturan Google juga sangat ketat, jika Anda ketahuan meng-klik iklan Anda sendiri, kemungkinan Anda akan dibanned.

2. Online Shop

Online Shop


Sebelumnya juga telah saya tulis mengenai "Mengapa Sebaiknya Jual Produk Online ?". Pada tulisan tersebut telah saya bahas betapa pentingnya mengiklankan atau memasarkan produk Anda secara Online. Dengan Online Shop, konsumen yang dijangkau akan semakin luas, karena internet dapat diakses seluruh dunia.

3. Untuk Para Designer Grafis dan Pemula. Cobalah Kontes-kontes Design
Graphic Design


Para desainer grafis, sembari menunggu order, atau adik-adik yang jago desain, cara ini bisa dijadikan selingan. Website-website seperti 99Designs, Sribu, dll, bisa Anda coba untuk menghasilkan uang sekaligus menguji seberapa baguskah desain Anda. Banyak orang yang membutuhkan desain kemudian membuatnya menjadi sebuah kontes pada website-website tersebut, jadi untuk bisa mendapatkan hasil, maka desain yang Anda buat juga harus menarik perhatian si pembuat kontes. Hal ini menuntut kekreatifan Anda meningkat dan meningkat.

4. Freelance

Freelance


Mengerjakan pekerjaan layaknya orang kantoran, namun pekerjaan yang Anda ambil bisa dikerjakan dimanapun Anda inginkan, di rumah, di kafe, di kampus, dll. Caranya mudah sekali, daftarkan diri pada situs-situs penyedia layanan freelance seperti Freelancer, Elance, dan banyak lainnya. Disanan terdapat banyak pekerjaan yang menunggu, ambil pekerjaan yang Anda akan kerjakan, biasanya gajinya pun sudah di cantumkan pula. Kemudian lekas kerjakan, dan apabila sudah selesai, Anda akan dapatkan imbalannya.

5. Pay To Click (PTC)

Pay To Click


Berlawanan dengan sistem AdSense, dalam PTC, justru pekerjaan kita malah meng-klik iklan yang telah disediakan oleh pihak penyedia. Sangat mudah memang, namun hal ini memakan banyak waktu luang. Sejauh ini saya belum pernah mencoba sistem PTC ini. Contoh penyedia layanan PTC.

6. Short Link / URL Shortener

URL Shortener


Pernah mau download film tapi harus klik "Skip Ad" terlebih dahulu ? Nah itulah yang dinamakan shortlink. Sekarang shortlink sangat banyak digunakan para blogger yang konten di blog mereka adalah "Download". Kebanyakan blog yang memakai URL shortener adalah blog yang menyediakan konten seperti film, software, dll yang bisa di download. Link download yang panjang di shrink terlebih dahulu, kemudian url hasil shrink yang akan ditaruh di blognya untuk dikunjungi pengunjung blog yang hendak mendownload suatu konten. Karena selain menghasilkan pendapatan, shortlink juga memperpendek link sehingga link menjadi simple dan tidak ribet. Semakin banyak pula penghasilan yang dihasilkan. Namun memang benar-benar harus banyak klik, karena tarif per klik "skip ad" di tiap negara berbeda-beda, sedangkan tarif Indonesia sangat kecil. Layanan URL Shortener saat ini banyak sekali, namun yangpaling terkenal dan saat ini paling sering digunakan yaitu AdFly. Masih sekedar itu saja cara-cara menghasilkan uang melalui internet yang saya ketahui sampai saat ini. Semoga dapat menjadi inspirasi para pembaca. Manfaatkan internet dengan sebaik-baiknya.

Sumber: Iptekini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -