Posted by : Unknown Thursday, February 19, 2015

projects-biogas

Banyaknya kebutuhan manusia saat ini, membuat orang - orang melahirkan inovasi - inovasi, baik yang memiliki fungsi baru, pelengkap, ataupun alternatif. Salah satu inovasi tersebut adalah Biogas, gas pengganti gas alam yang ramah lingkungan. Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi langka oksigen (anaerob). Biogas dihasilkan dari bahan - bahan seperti kotoran hewan, sampah, bahkan kotoran manusia. Komponen biogas antara lain sebagai berikut : ± 60 % CH4 (metana), ± 38 % CO2 (karbon dioksida) dan ± 2 % N2, O2, H2, & H2S. Apakah fungsi biogas ?

Biogas dapat dapat dibakar, oleh karena itu, saat ini, terutama di tempat - tempat yang memiliki peternakan sudah banyak orang - orang yang membuat Biogas, memanfaatkan untuk Biogas dijadikan alternatif sebagai pengganti gas LPG. Namun dalam skala besar, Biogas juga bisa djiadikan pembangkit energi listrik, sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Selain menjadi energi, ampas dari Biogas juga masih bisa digunakan untuk pupuk.

Hasil Biogas


Biogas memang bukan hal yang baru, sudah sejak bertahun - tahun dipakai di negara - negara di Asia seperti China, India, Nepal, Vietnam, bahkan juga banyak negara di Eropa menggunakan gas ramah lingkungan ini. Sedangkan di Indonesia sendiri, sejak tahun 1970-an, Biogas juga sudah mulai diperkenalkan. Pada awalnya Biogas hanya digunakan di pedesaan - pedesaan. Namun saat ini, Biogas mulai di terapkan di perkotaan. Pada tahun 1981, pengembangan instalasi biogas di Indonesia dikembangkan melalui Proyek Pengembangan Biogas dengan dukungan dana dari Food and Agriculture Organization (FAO) dengan dibangun contoh instalasi biogas di beberapa provinsi. Mulai tahun 2000-an telah dikembangkan reaktor biogas skala kecil (rumah tangga) dengan konstruksi sederhana yang terbuat dari plastik secara siap pasang dan dengan harga yang relatif murah.

reaktor


Untuk saat ini, memang masih banyak masyarakat Indonesia yang beralih ke Biogas, dan bahkan banyak pula yang belum mengetahui apa itu Biogas. Namun semoga dimasa mendatang, pemerintah akan sangat peduli dengan pengembangan Biogas di Indonesia, sehingga Biogas benar - benar menjadi alternatif pengganti gas alam yang relatif lebih murah dan ramah lingkungan.

Sumber: Iptekini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -