Posted by : Unknown Saturday, February 21, 2015

skill

Di tahun 2015 ini, skill dalam memanfaatkan komputer dan internet dengan sebaik-baiknya memang sangat diperlukan untuk bisa survive di dunia kerja maupun bisnis yang sudah banyak menggunakan komputer dan internet. Banyak sekali hal-hal yang menuntut seseorang untuk harus menguasai komputer dan internet. Karenanya, di zaman teknologi seperti ini, ada beberapa hal yang seharusnya kamu kuasai, atau setidaknya mulai dipelajari di waktu luang kamu demi karir kamu kedepannya. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah:

1. Menulis (mengetik) dengan Baik

mengetik

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan jasa penulis (content writer), biasanya konten yang kamu buat adalah untuk mengisi blog/website mereka. Disini kamu dituntut untuk menulis se-baik mungkin dan se-menarik mungkin. Bisa dengan bahasa resmi yang baik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau bahasa yang mudah dicerna konsumen saat ini. Akan menjadi nilai tambah bagi kamu yang bisa mengetik cepat dengan 10 jari. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kamu mulai belajar bahasa yang baik dan belajar mengetik 10 jari. Untuk kamu yang masih sekolah, jangan sia-siakan pelajaran Bahasa Indonesia yang kamu dapatkan di Sekolah.

2. Blogging

blogging

Blogging adalah mem-publish hal-hal yang kamu ketahui melalui sebuah blog. Fungsi dari blogging adalah supaya ide ataupun gagasan kamu banyak di dilihat oleh orang lain. Lalu apa pentingnya ? Dengan nge-blog atau blogging, manfaat paling kecil yang bisa kamu peroleh yaitu "dokumentasi". Dengan kamu mendokumentasikan gagasanmu, kamu akan mudah membukanya kembali ketika kamu membutuhkannya lagi. Yang paling menggiurkan, dengan blogging kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya bisa kamu ketahui di tulisan Iptekini sebelumnya.

3. SEO

SEO

Setelah blogging, SEO menjadi hal penting selanjutnya yang sebaiknya mulai kamu pelajari. Apa itu SEO ? SEO merupakan singkatan dari "Search Engine Optimization", jika dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Optimisasi Mesin Pencari. Saat ini kita tentu sudah tidak asing dengan mesin pencari / search engine seperti Google, Bing, maupun Yahoo. Banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan ketika kita mencarinya di website-website terkenal tersebut. Sedangkan SEO, adalah sebuah teknik untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui situs-situs mesin pencari tersebut menuju suatu situs web. Tujuannya adalah membuat suatu situs memiliki peringkat yang tinggi dan akan tampil di halaman pertama search engine ketika seseorang mencarinya dengan suatu keyword. Hal tersebut sekarang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Pelajarilah mulai sekarang agar kamu memiliki nilai plus untuk suatu perusahaan, atau setidaknya kamu bisa terapkan di blog/website-mu sendiri.

4. Graphic Design

graphic-design

Graphic Design sepertinya dari dulu ke waktu mendatang akan menjadi sebuah skill yang sangat diperlukan oleh banyak perusahaan maupun perorangan. Bagaimana tidak, hal yang menarik konsumen terhadap suatu produk pertama kali yaitu dari kemasannya. Banyak sekali produk-produk yang kurang begitu bermanfaat banyak diburu oleh konsumen hanya karena memiliki kemasan yang sangat baik dan menarik. Sampai-sampai banyak orang yang tertipu dengan kemasan produk. Pesan Iptekini "Don't judge the Book by the Cover", hehe Di situlah peran para designer, dengan design yang baik dan menarik yang kamu buat. Tantu akan membantu sekali dalam memenangkan hati para konsumen. Dan yang perlu kamu ketahui, sekarang ini sangat banyak orang yang membutuhkan jasa desgner. Melalui website-website freelance & kontes design yang saat ini sangat banyak tersedia, kamu bisa menguji seberapa keren design yang kamu buat. Maka mulai dari sekarang, sebaiknya kamu mulai membekali dirimu dengan kemampuan design yang baik. Sebenarnya sangat banyak skill lain yang harus kamu pelajari mulai sekarang ini untuk karirmu kedepan. Hanya saja Iptekini merangkum sedikit yang sangat bisa kamu lakukan dengan fasilitas yang ada dan sering kamu gunakan saat ini, yaitu komputer dan internet. Semoga bermanfaat.

Sumber: Iptekini

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. terimakasih, dari 4 Skill Kecil ini jadi bisa bermanfaat bagi saya.

    ST3 Telkom

    ReplyDelete

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -