Posted by : Unknown Wednesday, February 25, 2015

media-sosial


Social media saat ini memang telah menjadi hal yang tak baru lagi di dunia. Hampir setiap orang memiliki akun di social media, tak terkecuali di Indonesia negeri kita tercinta. Menurut suatu survey, ada 62 juta akun Facebook dibuat, itupun baru Facebook saja, belum Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Namun percayakah kamu, kalau di mata dunia, kebiasaan orang Indonesia di media sosial itu unik. Kok Bisa ? Inilah beberapa kebiasaan orang Indonesia yang di anggap unik oleh para bule.

1. Ngobrol di Timeline

conversation


Sejatinya, timeline disediakan hanya untuk memposting kepentingan yang bersifat umum atau publik saja. Untuk kepentingan yang lebih personal, seharusnya user menggunakan fitur message yang tentu lebih aman. Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku untuk orang-orang di negeri kita ini. Orang Indonesia lebih suka berinteraksi di timeline mereka, dan yang mereka bahas pun berragam, mulai tentang makan siang, beli sepatu yang bagus, sampai urusan percintaan. Dan Media Sosial yang paling sering digunakan untuk hal-hal seperti ini yaitu Twitter. Mungkin karena terbiasa dengan anggapan bahwa Orang Indonesia terkenal ramah, suka menyapa, sampai akhirnya kebiasaan tersebut malah terbawa sampai online.

2. Membuka Toko Online di Instagram

online-shop


Meskipun di TV telah banyak di iklankan toko online yang memberikan fitur-fitur dan kemudahannya. Beberapa orang Indonesia tetap kreatif berjualan dengan mengandalkan apa yang ada dan menurut mereka efektif, misalnya Instagram. Sejatinya, Instagram merupakan situs media sosial, namun dengan banyaknya pengguna, para penjual super kreatif pun memanfaatkan peluang tersebut untuk berjualan. Dan terbukti banyak pula yang sukses berjualan di Instagram.

3. Me-Like Semua

Like
 

Entah apa yang ada di pikiran orang-orang Indonesia, memang benar-benar menyukai sebuah tema di Page, atau hanya latah, atau malah ikut-ikutan yang lainnya. Facebook user di Indonesia mudah sekali mengklik like di Facebook. Sehingga pertumbuan "like" di Indonesia sangat cepat. Dan hal ini cukup menguntungkan para brand yang berlomba-lomba mencari banyak-banyakan like. Tak hanya untuk page saja, kadang ada beberapa orang yang me-like apapun yang ada di beranda mereka. Hal tersebut kadang juga menjengkelkan karena banyak notifikasi yang tidak penting.

4. Memasang Foto Anak

anak


Banyak sekali foto-foto anak dari bayi sampai balita yang sengaja diposting oleh para orang tua di Facebook. Padahal di tempat lain, konon itu melanggar privasi anak. Selain itu, hal tersebut juga sangat berbahaya karena foto tersebut akan menjadi sasaran para pedofilia, maupun pelaku kejahatan lain yang terus berkeliaran di dunia online. Sebenarnya ada fitur untuk memproteksi siapa saja yang boleh melihat postingan di akun Facebook kita di bawah kolom status, namun kadang Facebook user di Indonesia sedikit tidak mempedulikan hal tersebut.

5. Kultwit

Kultwit


Selain dipakai untuk berkomunikasi, di Indonesia Twitter juga sering digunakan untuk Kultwit, Kultweet yaitu berbagi ilmu kepada para followernya. Banyak sekali pakar atau praktisi yang dengan suka rela berbagi pengetahuannya di timeline sesuai bidang yang ia kuasai: tentang copywriting, sejarah, iklan ataupun juga gerakan social. Biasanya mereka menandai kultweetnya dengan nomor, bahkan ada yang sampai ratusan. Dan follower  mereka juga memang sangat antusias mengikutinya kultweet yang mereka buat.

6. Twitwar

Twitwar


Sama-sama di Twitter, namun yang ini sudah benar-benar tidak patut dicontoh. Orang-orang juga banyak yang melakukan diskusi di Twitter. Adu argumen yang memanas kadang berujung pada twitwar. Bahkan tak jarang twitwar yang panas di timeline akan memunculkan perkelahian, adu fisik, duel secara offline. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu antara dua kubu yang berbeda pendapat.

7. Minta Ijin Follow

Follow


Di Indonesia, Timeline Twitter itu ibarat pasar, setiap orang adalah penjual yang menawarkan dagangannya memakai toa. Intinya timeline adalah tempat yang terbuka, siapa saja "bebas" berbicara sesuai tujuannya masing-masing. Setiap follower bisa memfollow, mengunfollow, mem-block siapapun yang mau. Namun beberapa tweeple di sini sangat ramah, mereka meminta ijin dulu ketika akan memfollow seseorang. Namun sebaliknya jarang sekali yang meminta ijin untuk unfolllow. Unfollow kadang dianggap tidak mau berteman. Itulah beberapa kebiasaan orang Indonesia yang di anggap unik oleh pengguna dari negara lain. Bagaimana menurutmu, apakah memang unik ? Atau kamu juga unik ?


Sumber: Iptekini

{ 1 comments... read them below or add one }

Share / Subscribe:

- Copyright © Gudang Receh Powered by Blogger - Themes by Johanes Djogan -